Dhila13 Photo Challenge: Inspirasi

Secangkir kopi hangat…

Kamu tahu, ketika melihat secangkir kopi hangat tersaji manis di meja, aku selalu mengingatmu kawan… secangkir kopi yang menjadi kawan kita berbincang tentang kapitalis, modal, kenaikan harga, birokrasi, demokrasi hinggaTuhan… apa saja. Selama kopi itu masih tersaji, selama itu pula perbincangan kita tak pernah usai.

Malam yang makin beranjak naik bersama kepulan uap dari secangkir kopi hangat yang masih tersaji manis di atas meja…. Kamu pernah berkata padaku bahwa secangkir kopi hangat yang tersaji itu merupakan produk nyata dari invisible hands yang diungkapkan Adam Smith dalam The Wealth of Nation. Katamu, tangan-tangan tak nyata itu yang membuat kita bisa menikmati sajian secangkir kopi hangat pada malam kemarin, malam ini, dan mungkin malam seterusnya. Tangan-tangan yang menurutmu membentuk demand dan supply hingga kopi menjadi komoditas dan tersaji dalam bentuk kurva.

Dalam seruput kopi yang kita nikmati, kamu pernah mengatakan sebuah ironi. Ketika petani-petani penghasil kopi yang kita nikmati tak bisa membeli kopi yang mereka tanam yang bermigrasi ke dalam kafe-kafe.

Dalam wujud yang sama, kopi ternyata bisa memiliki bentuk yang berbeda. Di satu sisi, kopi menjadi pemenuh kebutuhan pokok para petani kopi. Bagaimana kopi yang dihasilkan dapat terus membiayai mereka dan keluarganya bahkan menyekolahkan anak-anak mereka sampai jenjang paling tinggi. Sementara di sisi lain, kopi menjadi sebuah gaya hidup. Pencitraan yang ditawarkan oleh secangkir kopi meningkatkan harganya sampai menyentuh langit.

Dasar cangkir menyisakan ampas hitam kopi yang tadi tersaji, sama seperti anganku yang masih mengingatmu kawan… dalam kesederhanaan secangkir kopi yang kita nikmati tadi ternyata terdapat kompleksitas yang rumit.

Terima kasih untuk secangkir kopi yang sudah menjadi inspirasi bagiku, bagimu, juga bagi kita semua….

Foto Kopi dan Cangkirnya diambil pada tanggal 11/11/11

Tulisan ini disertakan pada Bukan Kontes Biasa: TASBIH 1433 H di Blog Dhila13

Perihal muamdisini
hanya manusia biasa yang mencoba menggapai mimpi dan melawan segala keterbatasan dengan segenap kemampuan yang dimilikinya

38 Responses to Dhila13 Photo Challenge: Inspirasi

  1. The-Netwerk mengatakan:

    nice🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  2. alisnaik mengatakan:

    mantab !!
    karena kopi juga lah, saya jadi nggak bisa tidur malam ini…..

  3. tuaffi mengatakan:

    kopi juga menginspirasi saya.. hehe

    semoga sukses ngopinya, semoga sukses ngontesnya..😀

  4. Lyliana Thia mengatakan:

    banyak orang memulai harinya dengan kopi ya… bisa jd sumber inspirasi juga bagi orang2 penikmat kopi… tapi bagi aku kopi = sakit maag,.. sedihnya… aku hanya bisa menikmati harumnya.. huhuhu…

Sedikit komentar dari anda, sangat berarti bagi saya ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: