Kreasi Ketupat Lebaran

Siapa yang tak mengenal ketupat. Penganan khas hari raya berupa beras/ketan yang dimasak di dalam anyaman daun kelapa/janur kuning. Ternyata ketupat itu pun memiliki makna filosofis yang sangat dalam bagi masyarakat kita. Diperkirakan ketupat muncul dari tradisi Jawa, yaitu pada saat penyebaran Islam oleh Sunan Kalijaga. Pada saat itu diperkenalkan Lebaran Kupat, yaitu lebaran seminggu setelah hari raya (mungkin lebaran setelah puasa Syawal ya..)

Nama Kupat itu sendiri berasal dari kata Pat atau Lepat (Kesalahan) artinya diharapkan bagi kita yang memakan ketupat ini bisa terbebas dari kesalahan (pantas saja, dulu saya dipaksa makan ketupat ini setelah menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan). Ada juga sumber yang mengatakan kalau arti ketupat berasal dari kata Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan. Yang mana yang benar? Yah, intinya kan meminta maa supaya terbebas dari kesalahan.

Bentuk ketupat yang unik berupa persegi ternyata juga memiliki arti tersendiri. Menurut masyarakat Jawa empat sudutnya menggambarkan arah mata angin yang salah satunya tidak boleh hilang. Artinya dalam menjalankan kehidupan, manusia harus seimbang termasuk dalam urusan ibadahnya. Bisa juga diartikan sebagai 4 macam nafsu yaitu nafsu amarah, nafsu makan, nafsu dari sesuatu yang indah, dan nafsu dari diri sendiri. Nafsu-nafsu tersebut yang kita tahan selama Bulan Ramadhan, sehingga saat lebaran dengan memakan ketupat menandakan kita mampu melawan nafsu-nafsu tersebut.

Ternyata kreasi ketupat tak hanya bisa diaplikasikan dalam berbagai menu makanan, terutama rendang dan opor ayam.. kali ini saya mencoba mengaplikasikan ketupat dalam berbagai desain kartu lebaran. Dari arti filosofisnya, ketupat ternyata mampu menjadi simbol hari raya dan ungkapan maaf kita kepada para handai taulan dan kawan-kawan. Selain itu, bentuknya yang unik menjadikan ungkapan kita menjadi semakin menarik. Berikut ini saya sajikan beberapa kreasi kartu lebaran yang saya coba buat berikut file mentahnya dalam format cdr. (untuk aplikasi CorelDraw) dan psd. (untuk aplikasi Photoshop).

Kawan-kawan bisa mengunduh file mentah tersebut untuk dikreasikan lebih lanjut. Hasilnya bisa dicetak dalam bentuk kartu lebaran, atau bisa ditampilkan dalam blog masing-masing. Selamat berkreasi!!

Download file ini dalam bentuk cdr.
Download file ini dalam bentuk psd.

Download file ini dalam bentuk cdr.
Download file ini dalam bentuk psd.


Perihal muamdisini
hanya manusia biasa yang mencoba menggapai mimpi dan melawan segala keterbatasan dengan segenap kemampuan yang dimilikinya

27 Responses to Kreasi Ketupat Lebaran

  1. Ali Nurhasan mengatakan:

    Terima kasih atas designnya, say sangat terbantu. Untuk design ketupat yang ke dua dari atas, format psd. nya kok ngga ada yah? Thank you.

  2. bejo mengatakan:

    mantep gan…makasih ya

  3. vardi mengatakan:

    ijin copy yaaa,… desainnya bagus,…

  4. Mey mengatakan:

    asyik juga patut dicobasalam

  5. muam_disini mengatakan:

    >dina:iya mba..saya pake corel X3 memang jadi tidak terbaca di corel 12…maaf mba..nanti saya usahakan buatkan versi yang corel 12 juga ya… terima kasih

  6. darahbiroe mengatakan:

    aku kenal banget dengan ketupattapi aku belum pernah mencicipinyahikz hikzpingin

Sedikit komentar dari anda, sangat berarti bagi saya ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: