Wisata Kota Bontang (part 1) – Bontang Koala

Menuju Laut
Matahari pagi sudah mulai beranjak ke peraduan saat kami, kumpulan kawan-kawan kantor pecinta wisata dan fotografi mempersiapkan keberangkatan menuju Kota Bontang. Jarak Kota Bontang dari Kota Samarinda dapat ditempuh dalam 2 jam perjalanan. Jalan trans Samarinda-Bontang pun hampir sebagian penuh liku, dan harus tetap waspada sebab beberapa ruas masih banyak terdapat lubang.Siang menjelang sore akhirnya kami sampai di Kota Bontang. Memang pada awalnya kami belum merencanakan kemana kami harus melangkah, tetapi setalah searching kesana kemari akhirnya diputuskanlah kami menuju kawasan Bontang Koala.
Bontang Koala
Apa itu Bontang Koala?Hmm..itu bukan nama hewan koala khas Bontang, tetapi sebuah nama sebuah perkampungan. Terletak sekitar 5 km dari Pusat Kota Bontang menuju kawasan pantai timur.
Lalu apa yang spesial?Bontang Koala merupakan perkampungan yang didirikan di atas air. Yup, perkampungan yang terletak di Kota yang juga terkenal dengan mpek-mpeknya itu benar-benar didirikan tanpa berpijak di permukaan tanah melainkan di dasar laut. Bahan utama yang digunakan dalam bangunan-bangunan disana adalah kayu, khususnya kayu ulin yang terkenal dengan kekuatannya.
Kayu
Jepret
Yang kami salut di perkampungan ini meski tidak ada sama sekali bangunan yang benar-benar ada di atas tanah kehidupan mereka tetap berjalan layaknya kehidupan penduduk lain yang betul-betul berpijak di permukaan tanah. Karena memang rumah-rumah mereka berada di atas permukaan laut, maka mata pencaharian utama penduduknya adalah Nelayan.
Beristirahat Sejenak
Selain itu, perkampungan “terapung” ini juga dikenal sangat bersih. Sepanjang jalan yang mayoritas juga terbuat dari deretan kayu ulin itu sangat jarang ditemui sampah berserakan, justru setiap beberapa meter kita akan menemukan bak-bak sampah. Di bawah jalan dan rumah itu terdapat lalu lintas kecil tempat perahu-perahu ukuran kecil mengangkut hasil lautnya.


2 menara
Setelah puas berburu gambar di perkampungan tersebut rencananya kami akan ke pemberhentian selanjutnya, kawasan Industri PT. LNG yang terkenal dengan pencahayaannya yang indah di malam hari dan replika merlion khas Singapura yang juga ada di kota ini. Selanjutnya ingin coba mengambil suasana sunset di Bontang.


mengambil gambar
Api abadi
Karena sudah terlanjur sampai jadi sekalian saja kami menunggu pagi untuk mencoba berburu Sunrise di pesisir Bontang and next destination: Pulau Beras Basah…
Bersambung ke part berikutnya…

Perihal muamdisini
hanya manusia biasa yang mencoba menggapai mimpi dan melawan segala keterbatasan dengan segenap kemampuan yang dimilikinya

40 Responses to Wisata Kota Bontang (part 1) – Bontang Koala

  1. dhila13 mengatakan:

    ihhh masss.. kepenggeeenn.. aku belum pernah nih ke kalimantan.. semoga kapan2 bisa kesana..😉

  2. muam_disini mengatakan:

    >debhoy: ayo..kapan2 main..>Asop : hehehe..makasih kang, kalo saya lebih suka alamnya..>shavaat: haha.iya at, kebetulan saya sedang jalan-jalan refreshing..aku lanjutkan cita-citamu untuk melaksanakan Journey d' Borneo.hahaha>tukang Poto: sudah mas, silahkan..maaf

  3. alisnaik mengatakan:

    selamat pagi.woah, kota yg dibangun di atas laut.kayak Venezia.mantab bener.daerah Kalimantan emang sungainya asyik.ane pernah ke Banjarmasin, kota seribu sungai.foto2nya keren gan. artistik.btw, itu api abadi apa maksudnya ya ??terima kasih dan mohon maaf😀

  4. tukangpoto mengatakan:

    Nunggu apdetan dan foto-foto barunya,mas🙂

  5. shavaat mengatakan:

    yoi, am. keren itu fotonya. saya pikir gambar dari google. eh, ada watermark duniamuamnya. mantap, bro.lanjutkan!

Sedikit komentar dari anda, sangat berarti bagi saya ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: