wafatnya seorang yang kontroversi

Minggu, 27 Januari 2008 kemarin, kita dikejutkan melalui media bahwa mantan orang nomor satu di Negara ini, H.M. Soeharto dikabarkan telah meninggal dunia pada pukul 13.10 WIBB setelah sempat dirawat selama 23 hari di RSPP. Memang semenjak beliau menanggalkan jabatannya sebagai Presiden R.I. yang ke-2 selama 32 tahun kondisi kesehatannya semakin menurun. Bahkan semenjak hari pertama beliau dirawat di RSPP, media selalu mewartakan perkembangannya secara live. Namun kabar meninggalnya beliau cukup mengejutkan karena beberapa hari sebelumnya dilaporkan bahwa kesehatan beliau terus membaik.

Dibalik kabar duka itu, banyak orang yang turut bersimpati namun ada juga yang tetap apatis. Memang selama hidupnya, beliau merupakan orang yang cukup kontroversi. Bagi sebagian rakyat, yang sebagian besar petani, beliau adalah pahlawan mereka. Kita ingat pada tahun 80an Indonesia berhasil dalam hal swasembada pangan, ditambah lagi ekspor non-migas dari sector pertanian terus menngkat. Beliau juga sering berkunjung ke desa-desa dalam acara Klopencapir, yang merupakan ajang pertemuan antara rakyat dengan pemimpinnya.

Disamping itu, sektor industri dan perumahan juga ikut digalakkan. Perkembangan industri yang cukup pesat pada saat itu mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, terutama pada industri tekstil dan rokok. Selain itu, perumahan untuk rakyat juga didirikan. Pada pertengahan 80an banyak didirikan perumnas dan perumahan sederhana lain dengan harga yang terjangkau, ditambah dengan adanya perumahan dengan pembayaran secara kredit melalui BTN. Peningkatan pembangunan itu membuat arus investasi mengucur deras ke Negara ini. Beliau pun mendapat gelar Bapak Pembangunan.

Namun infrastruktur dari pembangunan itu ternyata kurang kuat. Negara ini dibangun dengan hutang, sehingga saat ini kita masih terjerat dengan hutang-hutang ditambah bunga yang masih harus di bayar. Pada saat Asia mengalami resesi, Indonesia ikut terjabak dalam krisis yang berkepanjangan. Selain itu, Sumber Daya Alam kita di daerah-daerah dikuras habis-habisan. Hasil dari SDA tersebut sebagian besar masuk ke kantong-kantong Negara lain atau hanya ke orang tertentu. Akibatnya, ada yang menjuluki beliau sebagai Bapak Perusak.

Kita juga tak bisa lupa dengan peristiwa-peristiwa lain yang kontroversi semenjak beliau belum manjabat sebagai preidan. Sejak peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965, diduga terjadi pembantain massa yang melibatkan beliau. Ratusan ribu atau bahkan lebih orang-orang yang dianggap simpatisan komunis nyawanya menghilang. Banyak juga diantaranya yang dipenjara tanpa diadili.

SUPERSEMAR juga merupakan peristiwa yang tak kalah kontroversial. Surat perintah yang dianggap sebagai penyerahan wewenang kekuasaan dari Presiden pertama R.I., Ir. Soekarno, kepada beliau. Saat ini ditemukan fakta, bahwa surat perintah tersebut seharusnya bukanlah pengalihan kekuasaan, melainkan perintah untuk mengamankan keadaan Negara yang pada saat itu sedang kacau balau.

Masa pemerintahan beliau juga dianggap sebagai pemerintahan terror. Orang-orang dilarang untuk mengeluarkan kritik. Demonstrasi merupakan peristiwa yang sangat langka pada zaman itu. Militer mampu membungkam orang-orang untuk tidak bebicara terlalu banyak. Terhadap media massa dilakukan sensor yang sangat ketat, sehingga kebebasan berpendapat pada maa itu merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Sedikit salah bicara, orang bisa menjadi tahanan politik, atau yang lebih parah lagi bisa hilang secara tiba-tiba.

Tapi, dibalik itu semua, beliau adalah sosok yang tak lekang dimakan zaman. Beliau dicinta sekaligus dibenci. Beliau dipuja sekaligus dicaci. Setidaknya mari kita tunjukkan kepala kita dan berdoa, semoga segala dosa yang dilakukan beliau pada masa kepemimpinannya diampuni serta kerabat dan sahabat beliau dimasa hidupnya yang ikut memberikan sumbangsih atas bobroknya negara ini ikut tersadar. Meskipun beliau merupakan seorang yang cukup kontroversi, beliau adalah mantan pemimpin Negara ini.

Perihal muamdisini
hanya manusia biasa yang mencoba menggapai mimpi dan melawan segala keterbatasan dengan segenap kemampuan yang dimilikinya

One Response to wafatnya seorang yang kontroversi

  1. luvelyia mengatakan:

    Wah muam .. update juga ya sama berita …Sampe ikut2an nulis tentang Alm. Soeharto ..Keren2 …Kapan2 mampir ke blog gue ya ..

Sedikit komentar dari anda, sangat berarti bagi saya ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: